Guru Pembatik || Pre Test || Materi || Modul || Video || Komplit


Test Pra Level

Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.

Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:

Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK.
Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran.
Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran.
Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan.

Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata.

Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…

Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah.
Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi, guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:

Menampilkan objek yang terlalu besar.
Membuat konkrit konsep yang abstrak.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

Pemilihan media pembelajaran hendaknya dilakukan berdasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal. Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...

Tujuan
Sasaran didik
Ketersediaan
Konteks penggunaan

Seorang guru akan membuat contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana dari Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...

Microsoft Database
Microsoft PowerPoint
Microsoft Desktop Publishing
Microsoft Word

Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah…

Penulis konten (content writer)
Penata grafis (design grafis)
Perancang pembelajaran (course design)
Pemrogram komputer (computer programmer)

Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…

Book
Forum
Blog
E-portofolio

Seorang guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...

Tools pembelajaran daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran.

Fitur moodle ini adalah...

Quiz
Page
Lesson
Blog

Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana dari Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....

Microsoft Database
Microsoft SpreadSheet
Microsoft PowerPoint
Microsoft Desktop Publishing

Penggunaan pujian verbal, melakukan hal yang luar biasa, dan merangsang hasrat peserta didik termasuk dalam penggolongan ….

Implikasi adanya motivasi dalam pembelajaran
Teori-teori motivasi
Upaya meningkatkan motivasi belajar
Perspektif motivasi

Kondisi eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah….

Pengaruh dari motivasi diri yang membuat individu mencapai tujuan belajar.
Pengaruh dari luar yang mempengaruhi individu dalam proses belajar.
Keadaan dalam diri individu untuk mencapai hasil belajar.
Rangsangan berapa niat yang membuat orang ingin mencapai hasil belajar.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2022 telah dibentuk unit pelaksana teknis di bidang layanan pemanfaatan platform teknologi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Pusdatin. Unit pelaksana teknis tersebut bernama ….

Balai Pengembangan Platform Teknologi
Balai Layanan Platform Teknologi
Balai Pelayanan Platform Teknologi Informasi
Balai Platform Teknologi informasi

Berikut ini nama-nama platform teknologi yang dikembangkan Kemendikbudristek, kecuali …

Platform Merdeka Mengajar
Aplikasi Tanya BOS dan BOP
Canva for Education
Platform Sumber Daya Sekolah

SELF EFFICACY

Merupakan tingkat keyakinan atau kepercayaan seseorang terhadap kekuatan diri (percaya diri) dalam mengerjakan dan menjalankan suatu tugas atau pekerjaan tertentu. Komponen self efficacy meliputi keyakinan untuk mampu memahami suatu materi/tugas,berhasil menyelesaikan tugas/ mencapai tujuan, dan yakin mampu bertahan dalam kondisi sulit dalam pelaksanaan tugas.

Petunjuk pengerjaan:
Jawablah tiap pertanyaan dengan memilih salah satu dari empat pilihan yang sesuai dengan jawaban Anda.
1. Sangat Sesuai
2. Setuju
3. Tidak Setuju
4. Sangat Tidak Setuju

Saya yakin memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalani tahapan PembaTIK 2023.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Saya yakin dapat mencapai target yang sudah ditetapkan dalam PembaTIK 2023.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Saya yakin dapat memahami instruksi tugas dalam PembaTIK 2023 yang diberikan kepada saya.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Ketika saya menghadapi tugas PembaTIK 2023 yang berat, saya yakin bahwa saya dapat menyelesaikannya secara tuntas.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Saya yakin bahwa saya dapat melakukan berbagai tugas dalam PembaTIK 2023 sesuai dengan bidang kemampuan saya secara efektif.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Saya yakin mampu mengatasi semua tantangan dalam tugas dalam PembaTIK 2023 dengan baik.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

KESIAPAN BEKERJA (WORK READINESS)

Merupakan kondisi internal seseorang dalam konteks pekerjaan yang meliputi motivasi, tanggung jawab, pengembangan diri, kesadaran berorganisasi, fokus pada teknik, orientasi hubungan interpersonal sikap kerja, kemampuan problem solving, mampu beradaptasi dan resiliensi.

Petunjuk pengerjaan:
Jawablah tiap pertanyaan dengan memilih salah satu dari empat pilihan yang sesuai dengan jawaban Anda.
1. Sangat Sesuai
2. Setuju
3. Tidak Setuju
4. Sangat Tidak Setuju

Tidak sabar untuk mulai beraktivitas dan melibatkan diri dalam PembaTIK 2023.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Bersedia untuk memulai proses PembaTIK 2023 dari awal.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Mendengarkan dan belajar dari orang lain lebih penting daripada menunjukkan kemampuan.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Tetap tenang menjalankan tahapan PembaTIK 2023 di bawah tekanan penugasan.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Memiliki pemahaman teoritis yang kuat di lapangan.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Bersikap terbuka dan melakukan pendekatan kepada orang lain dengan ramah.
*

1234
Sangat Sesuai
Sangat Tidak Sesuai

Menetapkan standar tinggi untuk diri saya sendiri dan orang lain.

Level 1: Literasi

Pengantar Level 1

Selamat datang di Level 1 Program Bimbingan Teknis Pembelajaran Berbasis TIK–PembaTIK Tahun 2023 dengan tema “Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”


Pada Level 1 ini, peserta PembaTIK 2023 akan belajar mandiri secara daring dan terbuka. Hasil akhir pada Pembatik Level 1 adalah guru yang kompeten dalam memanfaatkan TIK dan platform teknologi untuk pembelajaran, dan guru yang dapat memaknai kurikulum merdeka secara utuh, sehingga peserta didiknya dapat mewujudkan cerminan Pelajar Pancasila.


Peserta PembaTIK 2023 akan mempelajari 4 modul dalam Level 1, yaitu:


Dengan mempelajari modul-modul tersebut, diharapkan peserta PembaTIK 2023 dapat memiliki kemampuan dalam:


Dalam mengikuti Level 1 PembaTIK 2023, peserta harus mengikuti ketentuan berikut: 



Selamat mengikuti tahapan PembaTIK 2023 Level 1.

Mari bersama-sama “Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar” 


Modul 1: Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah

KEGIATAN BELAJAR 1


Esensi, Kebijakan dan Program-program Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah


Klik untuk baca ringkasan Kegiatan Belajar 1


Kemerdekaan Belajar di Era Education 4.0 dan Society 5.0


Teknologi terus maju menciptakan peradaban yang lebih baik untuk semua. Beberapa waktu lalu muncul istilah Education 4.0 yang menunjukkan berbagai sisi baru dari teknologi dan tidak lama kemudian muncul pula istilah Society 5.0 yang menekankan human centered atau berpusat pada manusia dalam implementasi basis teknologi yang tengah dan akan terus berkembang (Haqqi & Wijayati, 2019).


Pada era Education 4.0 aspek penekanan lebih pada faktor teknologi sebagai objek, di era Society 5.0 aspek yg lebih ditekankan adalah pada faktor manusia-nya sebagai pusat (human-centered) atau subjek yang mampu dengan bijak dan kritis menyikapi dan berbagai macam perkembangan teknologi tanpa meninggalkan aspek-aspek humanisme-nya. Perpaduan dari Education 4.0 dan Society 5.0 telah juga telah menciptakan ruang-ruang baru tanpa batas (borderless) dalam implementasi pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning).


Mengacu pada hal tersebut, ada 3 elemen penting yang perlu diperhatikan lebih lanjut terkait bagaimana kemerdekaan belajar itu diimplementasikan di era Education 4.0 dan Society 5.0 ini, yaitu:


Pembelajaran yang mandiri (independent),


Pembelajaran yang kontekstual, dan


Pembelajaran yang inovatif dalam membangun kreativitas.



Kemerdekaan Belajar dalam Pembelajaran Mandiri 


Dalam pembelajaran mandiri, guru lebih memposisikan diri sebagai moderator dan fasilitator dalam proses pembelajaran yang dapat membangun tiga aspek kemampuan siswa, yaitu:


Cognitive skills: misalnya mampu membuat hipotesis masalah, mengklasifikasi objek berdasarkan kriteria, mengkonstruksi cara berfikir untuk menyelesaikan masalah secara logis, dan lain-lain.


Metacognitive skills: siswa mampu mendeskripsikan dan mengidentifikasi cara mereka belajar, seperti mendengar, mengingat, mengecek kebenaran pengetahuan, menulis, dan lain-lain.


Affective skills: yakni keterampilan mengelola perasaan. Dalam hal ini, motivasi adalah atribut keterampilan afektif yang paling penting dalam pembelajaran independen.


Dua Puluh Empat Episode/Program Merdeka Belajar


Kebijakan-kebijakan yang tertuang dalam setiap episode/program Merdeka Belajar diharapkan dapat mendukung terciptanya suatu ekosistem yang menggali potensi terbesar para guru dan murid untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri, kontekstual, dan inovatif dalam membangun kreativitas. Sampai pada bulan April tahun 2023 ini, Merdeka Belajar telah menghadirkan dua puluh empat episode/program.


Bapak Ibu peserta PembaTIK 2023, berikut infografik dari episode merdeka belajar.


KEGIATAN BELAJAR 2 

Sumber Belajar Digital (Platform Teknologi Pembelajaran Digital)


Akun belajar.id

Akun belajar.id merupakan akun akses layanan pendidikan. Akun belajar.id terdiri dari nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform milik Kemendikbudristek, salah satunya platform Merdeka Mengajar. Penggunaan Akun belajar.id tidak dipungut biaya atau gratis. Akun belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.


Dengan Akun belajar.id, user bisa mengakses berbagai layanan pendidikan. Mulai dari mengakses platform Kemendikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.



Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform Merdeka Mengajar merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila. Melalui platform ini, para pendidik dapat melakukan tiga hal, yaitu mengajar, belajar, dan berkarya. Platform Merdeka Mengajar dipersembahkan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat.



Rapor Pendidikan 

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.


Rapor Pendidikan menampilkan hasil asesmen dan survei nasional suatu satuan pendidikan (satdik) atau daerah. Satdik dan dinas dapat menjadikan Rapor Pendidikan sebagai acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh. 


Modul 2: Perangkat TIK untuk Pembelajaran

KEGIATAN BELAJAR 1 . Menjalankan Platform Presentasi (Canva & Mentimeter) untuk Pembelajaran

Keberhasilan proses pembelajaran salah satunya disebabkan oleh kesiapan faktor guru (Rahmatullah et al., 2019). Untuk itu dibutuhkan penguasaan IPTEK, strategi pembelajaran untuk digunakan dalam kelas (Ramli et al., 2018). Dengan kata lain, pembelajaran berkualitas dimulai dari pendidik (guru) yang berkualitas. Apabila pendidik bertambah baik dari hari ke hari, maka pendidikan juga akan bertambah baik dan berkualitas (Farmawati et al., 2018). Media pembelajaran merupakan bagian integral dari sistem pembelajaran maka penggunaan media pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa (Ramli et al., 2018). Kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan desain pembelajaran adalah kunci dari keberhasilan pembelajaran yang menyenangkan.


1. Canva

Konten audio visual adalah bagian penting dari presentasi sehingga menjadi lebih menarik. Untuk menciptakan konten audio visual dibutuhkan keahlian tersendiri khususnya dalam mendesain media pembelajaran yang menarik. Salah satu platform pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang dapat menjadi alternatif adalah Canva. Canva bersifat gratis dan berbayar berbasis daring yang mudah digunakan dalam pembuatan media pembelajaran.


2. Mentimeter

Mentimeter adalah platform presentasi yang dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif. Mentimeter dapat membantu pengguna ketika melakukan presentasi dengan fitur untuk membuat polling, kuis, voting, dll. Mentimeter dapat digunakan dengan perangkat laptop/komputer maupun gawai. Untuk memulai Mentimeter harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada laman www.mentimeter.com selanjutnya bisa masuk menggunakan akun yang sudah didaftarkan. 


KEGIATAN BELAJAR 2 : Menjalankan Platform Evaluasi  (Asesmen Murid pada Platform Merdeka Mengajar, Quizizz, Dan Kahoot) untuk Pembelajaran

E-learning melayani proses belajar mengajar dan evaluasi pembelajaran dengan berbasiskan komputer, bahkan pada revolusi industri 4.0 ini lebih banyak memanfaatkan aplikasi mobile. Pendidik harus memperhatikan beberapa aspek sebelum memilih media pembelajaran yaitu kepada siapa media tersebut akan diberikan, tujuan penggunaan media tersebut, apakah estimasi waktu yang tersedia sudah cukup untuk menggunakan media tersebut, bagaimana karakteristik media yang akan digunakan, apakah bahan-bahan untuk membuat media tersebut tersedia atau tidak, berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat media tersebut. Sumber pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi dua berdasarkan tujuan penggunaannya, yaitu learning resources by design (sumber pembelajaran yang sengaja direncanakan) dan Learning resources by utilization (sumber pembelajaran karena dimanfaatkan).


Salah satu contoh pemanfaatan kemajuan teknologi, yaitu adanya   kuis interaktif.  Kuis  interaktif  adalah  sebuah aplikasi yang digunakan untuk memberikan materi berupa soal yang nantinya digunakan oleh peserta didik dalam meningkatkan pengetahuannya mengenai materi yang sudah disampaikan. Pada Modul ini akan kami paparkan 3 (tiga) platform evaluasi pembelajaran berbasis e-learning yaitu fitur Asesmen Murid pada Platform Merdeka Mengajar, Quizizz, dan Kahoot.



1. Asesmen Murid pada Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Guru masuk ke Platform Merdeka Mengajar menggunakan akun belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id pada web browser https://guru.kemdikbud.go.id/ atau dapat unduh/install aplikasi Platform Merdeka Mengajar di Playstore. Saat ini, terdapat beberapa menu yang dikelompokkan berdasarkan manfaatnya,  yakni: belajar Kurikulum Merdeka, kegiatan belajar mengajar, pengembangan diri, mencari dan berbagi Inspirasi. Pada kegiatan belajar mengajar, guru dapat menu asesmen murid dan perangkat ajar.


2. Quizizz

Quizizz merupakan sebuah web tool membuat permainan kuis interaktif, dengan keterlibatan peserta didik yang memungkinkan pendidik untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Dengan menggunakan Quizizz, peserta didik dapat melakukan latihan di dalam kelas pada gawai mereka atau menggunakan fitur terbaru yaitu mode kertas dalam bentuk kode QR secara luring tanpa menggunakan gawai.


3. Kahoot

Kahoot merupakan sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai media pembelajaran. Kahoot adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui situs web atau aplikasi Kahoot. Kahoot bisa digunakan untuk meninjau pengetahuan peserta didik, sebagai penilaian formatif, atau sebagai ice breaking dalam pembelajaran. 


Modul 3: Perangkat Pembelajaran Kolaboratif

KEGIATAN BELAJAR 1 : Aplikasi Pembelajaran Kolaboratif

Pembelajaran kolaboratif memungkinkan guru maupun siswa bekerja dalam 1 file atau canvas secara bersamaan ataupun pada tempat yang berbeda. Sehingga pekerjaan dan pembelajaran menjadi lebih efektif. Untuk memahami hal tersebut, pada materi kali ini, kita akan membahas mengenai cara untuk memanfaatkan pembelajaran kolaboratif. Ada beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan, dan semua aplikasi yang dibahas memanfaatkan kolaborasi untuk memaksimalkan pembelajaran. Pada kegiatan ini, kita akan mempelajari tentang fitur atau aplikasi kolaboratif, yaitu:


Jamboard

Jamboard adalah papan tulis digital dari Google yang telah terintegrasi dengan media penyimpanan awan dari Google yakni Google Drive. Jamboard hadir untuk memudahkan kolaborasi secara real time antara guru dengan siswa sehingga bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Dalam kegiatan pembelajaran daring, Google Jamboard ini dapat ditampilkan dan seluruh siswa bisa berkolaborasi dan melihat interaksi yang terjadi.


Whiteboard

Whiteboard merupakan aplikasi kolaboratif yang menjadikan pengguna merasakan sensasi seolah menulis di satu layar yang sama beramai-ramai. Aplikasi ini sudah tersedia di PC bersamaan dengan versi web dan perangkat iOS.


Google Docs

Google Docs adalah alat untuk membuat dokumen teks seperti laporan, cerita, atau artikel. Dokumen adalah tempat terbaik untuk tugas apapun yang mengharuskan banyak pengetikan. Google Docs memungkinkan untuk membuat dan memformat dokumen dan bekerja dengan orang lain. Pengguna aplikasi Google Docs dapat memasukkan teks, gambar, tabel, atau diagram.


Google Sheets

Google Sheets atau Google Spreadsheet adalah fitur aplikasi pengolahan data secara online. Kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah fitur kolaborasi yang dapat sahabat gunakan untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, dan mengolah data dengan cara yang bermakna untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam waktu bersamaan. Hal ini tentunya akan menjadi solusi untuk keterbatasan ruang dan waktu yang kita miliki untuk melakukan kolaborasi dengan tatap muka secara langsung.


Google Slides

Google Slides adalah alat presentasi yang  membantu sahabat membuat slide digital untuk dibagikan di depan kelas sahabat atau audiens lain. Anda dapat menyertakan teks, gambar, dan bahkan video untuk membuat presentasi untuk ditampilkan di layar besar atau diberikan langsung kepada siswa siswi sahabat. Google Slides tersedia di web atau sebagai aplikasi di perangkat seluler. Kumpulan slide disebut slide deck. Anda dapat menggunakan slide deck untuk mendukung presentasi di kelas dan online.


Google Sites

Google Sites adalah cara cepat dan mudah untuk membuat situs web. Google Sites memudahkan untuk menuangkan semua di satu tempat dan situs web Anda akan tampak hebat!


Canva for Education

Dengan memanfaatkan Akun belajar.id, guru, siswa dan tenaga pendidik dapat menggunakan Canva for Education secara online dalam melakukan Praktik Pembelajaran secara kolaboratif. Untuk penerapannya, sahabat dapat menggunakan segala fitur yang ada di canva ini untuk  menggali sisi kreativitas pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Membuat materi belajar (bahan ajar) yang menarik sehingga mendorong hasil belajar yang lebih baik.


KEGIATAN BELAJAR 2 : Aplikasi Penyimpanan Daring

Bapak dan Ibu Peserta PembaTIK 2023, pernahkan merasakan pengalaman kehilangan file penting karena laptop yang biasa digunakan rusak? Atau mungkin kehilangan foto kenangan karena handphone hilang? Mungkin juga kita pernah merasakan ketika akan mau presentasi, file yang akan dipresentasikan tertinggal di flashdisk atau hardisk eksternal yang terlupa untuk dibawa? Untuk menghindari terjadinya hal-hal tersebut, maka pada materi kali ini, kita akan membahas mengenai cara untuk melakukan penyimpanan file secara daring. Ada beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan, namun pada prinsipnya aplikasi tersebut mempunyai cara kerja yang sama, yaitu menyimpan file yang kita simpan di cloud, sehingga kita dapat mengunduhnya kembali secara daring, dengan menggunakan perangkat yang mana saja. Aplikasi penyimpanan daring yang akan kita bahas kali ini adalah


Google Drive

Pada aplikasi Google Drive kita dapat menyimpan file-file berupa dokumen, gambar, audio maupun video dengan kapasitas gratis sebesar 15 Gigabyte. Sementara itu, bagi yang sudah memiliki akun belajar.id, dapat memiliki kapasitas Google Drive yang lebih besar lagi. Kita dapat menyimpan, mengedit dan mengambil file dari Google Drive dengan syarat perangkat komputer atau smartphone harus terhubung dengan jaringan internet.


OneDrive

Jika menggunakan Microsoft 365, maka kita akan mendapatkan setidaknya 1 TB ruang di awan, tergantung pada paket yang digunakan. Jika pustaka OneDrive di hosting di SharePoint, maka  administrator organisasi akan menentukan berapa banyak ruang penyimpanan yang tersedia. Semua file yang disimpan di OneDrive bersifat privat kecuali jika kita memutuskan untuk membagikannya. OneDrive juga memiliki fasilitas berbagi file dan folder sehingga sahabat bisa berkolaborasi.


Dropbox

Jika kita ingin memanfaatkan Dropbox, maka terlebih dahulu harus mendaftar dan kemudian log in. Pada saat mendaftar akan ada beberapa pilihan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Dengan mendaftar di Dropbox basic atau yang gratis, sahabat akan mendapatkan penyimpanan 2GB dan dapat dihubungkan maksimal ke tiga perangkat.


Modul 4: Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran

KEGIATAN BELAJAR 1 : Media Sosial Untuk Pembelajaran

Penggunaan media sosial yang sangat masif saat ini ikut memengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Perubahan sikap positif diantaranya kemudahan penerimaan dan penyampaian informasi serta memperoleh keuntungan sosial dan ekonomi. Secara umum karakteristik dari media sosial menurut Nasrullah (2020) sebagai berikut:


Media sosial memiliki banyak fungsi yang berbeda pada umumnya. Fungsi tersebut dibagi menjadi enam menurut (Manning, 2014). 

Pertama, media sosial memungkinkan orang membentuk identitas diri. Pengguna melengkapi identitasnya ke dalam profil, mengunjungi, dan berinteraksi berdasarkan citra dirinya di dunia digital.


Kedua, media sosial memungkinkan pengguna berinteraksi dengan cara berbeda. Maksudnya pengguna berinteraksi sesuai fitur dan ciri khas media sosial yang digunakan. Seperti Instagram dengan tombol like, twitter dengan retweet, youtube dengan tombol subscribe, TikTok dengan rekomendasi video di FYP (for your page), dan snapchat dengan filter augmented reality-nya.


Ketiga, media sosial memungkinkan orang untuk melakukan pekerjaan. Pengguna biasanya menjadikan sosial media sebagai pekerjaan tetap atau sampingan, seperti blogger, influencer, pengelola komunitas, kreator konten, penulis naskah periklanan, penulis konten, dan spesialis media sosial. Di sisi lain, pengguna umum berinteraksi dengan rekan kerja melalui situs media sosial.


Keempat, media sosial memungkinkan orang untuk mendapatkan informasi atau berbagi ide. Informasi dapat berkisar dari kampanye politik, isu-isu lokal,  bantuan bencana hingga praktik baik pembelajaran. 


Kelima, media sosial memungkinkan orang berbagi informasi, orang juga dapat menawarkan pendapat atau mempertimbangkan pendapat orang lain melalui media sosial. Akhirnya, individu dapat menemukan berbagai macam sudut pandang melalui media sosial.


Keenam, media sosial memungkinkan orang untuk menemukan hiburan. Media sosial berbasis gambar meme di instagram dan facebook atau video seperti Youtube dan TikTok dapat menjadi alternatif hiburan yang dapat diakses secara instan oleh pengguna.


KEGIATAN BELAJAR 2 : Strategi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pembelajaran

Di era digital ini, terutama selama pandemi COVID-19, media sosial menjadi alat yang sangat penting untuk pembelajaran. Selain memahami karakteristik media sosial, Bapak/Ibu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut saat memanfaatkannya: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran yang mendukung tujuan tersebut, dan strategi pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut (Wildan, 2016). Dengan menggunakan media sosial untuk pembelajaran dan menerapkan strategi yang tepat, diharapkan hasil belajar peserta didik dapat meningkat.


Penerapan Pemanfaatan Media Sosial 

Penerapan pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran telah menjadi sebuah inovasi yang signifikan dalam dunia pendidikan. Dengan kemajuan teknologi dan semakin meluasnya penggunaan media sosial, para pendidik kini memiliki kesempatan untuk memanfaatkan platform ini sebagai sarana efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Melalui media sosial, pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif, memfasilitasi diskusi dan kolaborasi antara peserta didik, serta memberikan akses yang lebih mudah dan fleksibel bagi para pelajar.


Penerapan Pemanfaatan Youtube TV Edukasi

Pertama penetapan tujuan/capaian pembelajaran peserta didik dapat membedakan fakta atau opini dalam sebuah teks dengan tepat. Kedua, pemilihan materi dari youtube Televisi Edukasi yang sesuai dengan capaian/tujuan pembelajaran kelas  XII MIPA 1 pelajaran Bahasa Indonesia. Ketiga, Video ini digunakan dalam pembelajaran mode sinkron di kelas daring (kelas digital) atau luring (kelas konvensional tata). Keempat, penggunaan video terdapat dalam urutan langka di tengah pembelajaran yang berisi tentang materi (tujuan/capaian pembelajaran).


Penerapan Pemanfaatan Reels Instagram dalam Pembelajaran

Pertama penetapan tujuan/capaian pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan ciri khas masing-masing planet di Tata Surya. Kedua, pemilihan materi dari Reels Instagram yang sesuai dengan capaian/tujuan pembelajaran kelas  VI untuk muatan pelajaran IPA. Ketiga, video ini digunakan dalam pembelajaran mode sinkron di kelas daring (kelas digital) atau luring (kelas konvensional tata). Keempat, penggunaan video terdapat dalam urutan langkah di tengah pembelajaran yang berisi tentang materi (tujuan/capaian pembelajaran).


Tugas Akhir Level 1: Literasi

Menyimak Video Inspirasi di Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Dalam rangka mendukung implementasi kurikulum merdeka, Kemendikbudristek melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) meluncurkan Video Inspirasi. Video Inspirasi berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli. Beragam video dengan berbagai tema ini sudah dikurasi dan dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai tenaga pendidik, baik dalam aspek profesional maupun personal. Anda dapat mengakses Video Inspirasi tanpa harus masuk/login ke platform Merdeka Mengajar.


Tata Cara Pengerjaan Tugas Akhir PembaTIK 2023 Level 1:

1. Pilihlah salah satu video dalam topik Kurikulum Merdeka di fitur Video Inspirasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

2. Buatlah resume dari video tersebut dengan ketentuan minimal 500 karakter. 

3. Resume hanya berisi teks tanpa disertai gambar, video atau media apapun.

4. Simpan resume yang telah dibuat.

5. Tuliskan resume pada form Ujian Akhir Level 1 PembaTIK 2023 yang akan dibuka tanggal 29-30 Juli 2023.


==========RESUME===========

Video Pengantar
1. Pengantar : https://www.youtube.com/watch?v=pyRBQMyqwho
Modul 1: Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah
1. Video Modul 1: : https://www.youtube.com/watch?v=IFU-wPMuKvE
2. Kegiatan Belajar 1 : https://www.youtube.com/watch?v=SYrv6kOsU1o
3. Modul 1: 
https://drive.google.com/u/0/uc?id=1xlbvoHReNHC5_djr1klMjLf8lLAj3TMq&export=download
3. Paparan Materi Modul 1 - Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah: 
https://drive.google.com/u/0/uc?id=13Zy6cDBwB3g1pM5arV8D4yTjkNKoG3iM&export=download

Modul 2: Perangkat TIK untuk Pembelajaran
1. KEGIATAN BELAJAR 1: https://www.youtube.com/watch?v=3WYAoUXPDCE
2. Modul 2 - Perangkat TIK untuk Pembelajaran: 
https://drive.google.com/u/0/uc?id=1RYgv32J1iina_hfXE__XWVZ6ObziJEU3&export=download
3. Paparan Materi Modul 2 - Perangkat TIK untuk Pembelajaran: 
https://drive.google.com/u/0/uc?id=1VABJBtGGpk4czzFoOoDxtVnq7S9lIK0Q&export=download 

Modul 3: Perangkat Pembelajaran Kolaboratif
1. Video : https://www.youtube.com/watch?v=CeE0p-o2G6I
2. Modul 3 - Perangkat Pembelajaran Kolaboratif: 
https://drive.google.com/u/0/uc?id=1ijLFLv45x8PXcqKXaDz_p27Pp7iRKh4k&export=download
3. Paparan Materi Modul 3 - Perangkat Pembelajaran Kolaboratif: 
https://drive.google.com/u/0/uc?id=1sFHY1tYPhRZPSkEWeSqBOhuZq0PGTOrh&export=download

Modul 4: Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran
1. video: https://www.youtube.com/watch?v=ANIZKHXQehY
2. video: https://www.youtube.com/watch?v=dZAveN3rI-E
3. Modul: 
https://drive.google.com/u/0/uc?id=1rUdAzggF4Bs2OFynjqbaLchqSdrQTqsG&export=download
4. Paparan: 
https://drive.google.com/u/0/uc?id=1GW8j-2TsQpK7Z13FVfgoFpz70pc2UDcf&export=download

Tugas Akhir
1. Video: https://www.youtube.com/watch?v=5vIzostCH8s
2. video inspirasi: https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/playlists/?id=55
a. Kurikulum merdeka: https://youtu.be/fd3oSgwmi8g
b. Kerangka Kurikulum Merdeka: https://youtu.be/VMdx893c9U4
c. Capaian Pembelajaran: https://youtu.be/LXiAYRHV4eU
d. Testimoni Kurikulum Merdeka: https://youtu.be/KE18Lc_sZCI
e. Implementasi Kurikulum Merdeka - Belajar Lebih Bermakna & Menyenangkan [Ni Made Meriandinata]: https://youtu.be/4LDgV9uhoJc
f. Implementasi Kurikulum Merdeka - Kenali Murid Lebih Dalam, Ciptakan Pemb yang Relevan-Made Pujangga: https://youtu.be/vPN7M3qjhFY
g. Implementasi Kurikulum Merdeka - Belajar Lebih Relevan & Menyenangkan Melalui Pemb Berbasis Proyek: https://youtu.be/YFfWZALqMuw
h. Siniar Sapa Pendidikan "Kurikulum Merdeka: Relevan, Mendalam, dan Menyenangkan": https://youtu.be/rdrCOirI4BE

Post a Comment

Previous Post Next Post
Pak Guru Judin

Subscribe Ya ^_^