Soal UTS SMK Kelas X BDP Marketing

Soal UTS SMK Kelas X BDP Marketing 

A. Pilihlah jawaban a, b, c, d, atau e yang paling tepat di tempat yang telah disediakan!

1.     Pasar sebagai tempat pertemuan permintaan dan penawaran barang, merupakan definisi jenis pasar …

a.       Kongkret               b. Abstrak             c. Tenaga              d. Barang              e. Jasa

2.     Pasar yang melakukan transaksi jual beli barang-barang dengan jangkauan melampaui batas suatu negara merupakan jenis pasar …

a.       Local                      b. Daerah              c. Nasional            d. Internasional    e. Regional

3.     Jenis pasar yang dilaksanakan setiap hari disebut pasar …

a.       Harian                   b. Mingguan         c. Bulanan            d. Tahunan           e. Bebas

4.     Pasar dikuasai hanya oleh satu penjual barang akibatnya penjual bebas menentukan harga pasar disebut pasar …

a.       Monopoli              b. Oligopoli            c. Persaingan sempurna     d. Persaingan tidak sempurna          e. Duopoli

5.     Pasar Raya Jakarta apabila dilihat dari segi waktu penyelenggaraannya merupakan jenis pasar …

a.       Nasional                                b. Tahunan           c. Kongkret           d. Persaingan sempurna     e. Tenaga kerja

6.     Pasar kopi di Santos (Brazil) dan pasar tembakau Bremen menurut luas jangkauan wilayah distribusinya merupakan jenis pasar …

a.       Abstrak                  b. Bulanan            c. Internasional    d. Sumber daya produksi   e. Konkret

7.     Pasar berfungsi memperlancar proses penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Fungsi pasar tersebut yaitu sebagai sarana …

a.       Promosi                 b. Distribusi           c. Informasi          d. Pembentuk harga            e. Pencipta usaha

8.     Suatu tempat dapat disebut pasar jika …

a.       Tempatnya ramai                                                               d. Barang yang dijual banyak macamnya

b.       Antar penjual saling bersaing                            e. Terdapat kios dan penjualnya

c.        Terdapat transaksi jual beli

9.     Menganalisis pasar yang dikaji berikut ini, kecuali …

a.       Lokasi                    b. Luas                   c. Sifat                   d. Karakteristik                    e. Pemilik

10. Perhatikan pernyatan berikut :

1.       Adanya penjual dan pembeli

2.       Tersedianya barang yang diperjualbelikan

3.       Adanya tempat yang permanen untuk melakukan transakasi jual beli

4.       Terdapat transaksi jual beli

Syarat-syarat terjadinya pasar ditunjukkan pada nomor …

a.       1 dan 2                  b. 1,2 dan 3           c. 1,2 dan 4           `d. 1,2,3 dan 4                      e. 2 dan 4

11. Fungsi pasar yang mampu memperlancar pendistribusian hasil produksi suatu perusahaan adalah …

a.       Fungsi distribusi                   c. Pembentukan harga                       e. Konsumsi

b.       Fungsi promosi                     d. Produksi

12. Pasar tradisional dan pasar modern adalah jenis pasar berdasarkan …

a.       Manajemen pelayanan                     d. Kegiatan distribusi

b.       Manajemen pengelolahan                e. Bentuk dan organisasi

c.        Jumlah barang yang dijual

13. Suatu harga pasar bisa terbentuk setelah melewati serangkaian proses …

a.       Jual dan beli                         c. Penurunan harga                             e. Lelang

b.       Tawar menawar                  d. Pembentukan pasar

14. Komponen yang harus dianalisis dan dicermati dalam analisis pasar, kecuali …

a.       Kebutuhan dan keinginan konsumen             d. Nilai tambah

b.       Segmentasi pasar                                                e. Kadaluarsa produk

c.        Target

15. Suatu tempat berkumpulnya penjual dan pembeli untuk pertukaran barang dan jasa adalah pengertian pasar menurut …

a.       Philip Kotler          b. W.Y. Stanton                   c. H. Nystrom                       d. AMA                  e. KBBI

16. Nilai yang menentukan harga barang dan jasa adalah pengertian dari …

a.       Nilai barang          b. Nilai jual           c. Nilai pasar         d. Nilai jasa           e. Nilai ekonomi

17. Minimarket, Supermarket, Alfamart dan Indomart adalah contoh dari pasar …

a.       Modern                  b. Tradisional       c. Tahunan           d. Mingguan         e. Barang

18. Pasar yang tejadi ketika ada keramaian atau perayaan adalah pengertian pasar …

a.       Mingguan              b. Harian               c. Kaget                 d. Kongkrit            e. Abstrak

19. Sebagai penunjang kelancaran pembangunan adalah peranan pasar bagi …

a.       Pasar                      b. Produsen           c. Konsumen        d. Pemerintah       e. Arsitek

20. Perubahan pasar secara berangsur-angsur pada aktivitas yang lebih baik disebut …

a.       Evaluasi pasar                     c. Transaksi pasar                               e. Peranan pasar                 

b.       Evolusi pasar                        d. Klasifikasi pasar

21. Segmentasi secara sederhana diartikan sebagai …

a.       Sasaran                 b. Kelompok         c. Satuan               d. Karakter            e. Bagian

22. Aktivitas pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi disebut …

a.       Promosi                 b. Distribusi           c. Evolusi               d. Analisis              e. Industri

23. Orang yang melakukan kegiatan pemasaran disebut …

a.       Pedagang              b. Penjual              c. Pemasar            d. Pemborong       e. Pembeli

24. Dibawah ini factor yang mempengaruhi analisis pasar, kecuali …

a.       Usia                        b. Pendidikan       c. Agama               d. Budaya             e. Lokasi

25. Pasar yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya disebut pasar…

a.       Persaingan            b. Relevan             c. Sempurna         d. Lengkap            e. industry

26. Pasar yang diperjualbelikan berupa mesin, tanah, tenaga ahli disebut pasar …

a.       Sumber daya produksi       c. Barang konsumsi            e. Tenaga

b.       Barang industri                    d. Sumber daya alam        

27. Yang bukan dasar dari segmentasi pasar adalah …

a.       Demografis           b. Geografis          c. Psikologis          d. Sosiologi            e. Semua salah

28. Factor demografi segmentasi pasar dapat berupa unsur …

a.       Usia        b. Jenis kelamin                   c. Pendidikan        d. Agama              e. Daerah

29. Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat …

a.       Komplek               b. Homogen          c. Membingungkan             d. Dinamis             e. Statis

30. Salah satu syarat segmentasi pasar adalah subtansial yang berarti …

a.       Bisa diukur                           c. Cukup luas                       e. Dapat dilihat

b.       Bisa dilaksanakan              d. Bisa dicapai

 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar!

1.       Sebutkan tujuan dari segmentasi pasar !

2.       Jelaskan definisi dari pasar !

3.       Sebutkan fungsi dari pasar !

4.       Jelaskan pengertian segmentasi pasar !

5.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna ?


2 Comments

  1. Konten yang Bermanfaat. Terima Kasih - https://sudutpandangcynthia.blogspot.com/

    ReplyDelete
Previous Post Next Post
Pak Guru Judin

Subscribe Ya ^_^